TUGAS
Prinsip
Ergonomi Dalam IMK
Disusun
untuk memenuhi tugas mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer
Disusun Oleh : Haidar
(182410101082)
Semester 1
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI
SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS JEMBER
Tahun 2018-2019
Ergonomi dalam Interaksi Manusia dan
Komputer
Merupakan suatu bidang studi yang
menangani perancangan kegiatan dan tugas yang cocok dengan kapabilitas manusia
dan limitnya seta faktor kenyamanan kerja seperti kenyamanan dari segi anatomi,
psikologi, manajemen, tata letak ruang dan peralatan yang mudah dijangkau bagi
manusia dalam melaksanakan aktifitasnya.
Keuntungan Penerapan
Ergomomi
1.
Produktifitas meningkat
2.
Aktifitas lebih baik
karena adanya faktor kenyamanan layanan dalam melakukan pekerjaan.
3.
hasil kerja lebih baik
karena sistem yang diopersikan lebih familiar
4.
Efisiensi dan efektif
dalam pengoperasian sistem.
Aspek Ergomoni dalam IMK
sangat diperngaruhi oleh ;
1. Merupakan kebiasan/
karakteristik manusia dalam menghasilkan kinerja untuk kemajuan organisasi Merupakan
kebiasan/ karakteristik manusia dalam menghasilkan kinerja untuk kemajuan
organisasi manusia
- Perilaku
- Budaya
- Sistem kerja
- Kedisiplinan dan tanggung jawab
2.
Hardware
/ peralatan Teknologi Informasi
- Sistem / piranti yang terbaru atau yang mudah
dikenal dan interaksi yang mudah diingat.
- Dapat menerima aplikasi dalam permasalahan yang
komplit supaya cepat memberikan infomasi.
- Dapat menjaga dan mendeteksi kesalahan dari aspek
manusia dan software
3.
Software
a.
Dapat melakukan
interogatif dengan brainware dan hardware dengan cepat.
b.
Memberikan informasi
dalam mengurangi kesalahan sistem logika apabila kelaur dari konsep Sistem
Informasi.
c.
Dapat memberikan
informasi model yang terbaru dalam melayani penggunaan tentang hasil informasi
atau konsisten.
Prinsip-prinsip ergonomi
1.
Prinsip physical
a.
Jadikanlah segala sesuatu
mudah dijangkau
b.
Bekerja dengan tinggi
yang sesuai
c.
Bekerja dengan postur
yang sesuai
d.
Mengurangi pengeluaran
tenaga yang berlebihan
e.
Meminimalkan
keletihan/kepenatan
f.
Mengurangi pengulangan
yang berlebihan
g.
Memberikan jarak ruang
dan akses
h.
Meminimalkan kontak atau
hubungan stress
i.
Memberikan bobilisasi dan
merubah posisi
j.
Menciptakan leingkungan
yang menyenangkan pencahayaan, temperatur dan mengecilkan getaran.
2.
Prisip kognitif
a.
Adanya standarisasi
b.
Menghubungkan APSI dan
persepsi
c.
Mempermudah pemaparan
suatu informasi
d.
Menyajikan informasi pada
level yang tepat secara detail
e.
Memberikan gambaran yang
jelas
f.
Membuat pola yang benar
dan pengelompokan data yang jelas
g.
Memberikan umpan balik
secara cepat.
Pencahayaan
Tujuan
pencahayaan ;
a. Menghindari user dari
cahaya terang langsugn dari pantulannya
b. Memperoleh keseimbangan
antar kecerahan layar tampilan dan kecerahan pencahayaan yang ada di depan
user.
c. Menghidari cahaya
langsung atau pantulan yang langsung mengenai layar tampilan.
d. Memberiakn keyakinan
bahwa ada pencahayaan yang cukup untuk perkejaan yang tidak menggunakan layar
tampilan.
Sumber cahaya
a. Cahaya langsung bersala
dari matahari dan lampu yang langsung menerobos ke ruang pekerjaan lewat
jendela.
b. Cahaya tidak langsung,
dipantulkan oleh tembok atau partisi platfon lantai, bahan yang disekitar
monitor, permukaan meja dan pakaian yang digunakan oleh operator.
c. Panas yang berlebihan
dari suhu komputer, untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan tata ruang
yang dapat meredam dan menstabilkan cahaya dan suhu ruangan yang nyaman untuk
menjaga keawetan peralatan.
Gangguan suara
Berasal dari AC, komputer, manusia, suara
speaker dan peralatan lain yang mengakbiatkan tergangnunya konstrasi user /
pengguna dalam melangsungkan aktifitas.
Ergonomik
a.
Kenyamanan dalam
menjalankan aktifitas
b.
Keseimbangan dari semua
aspek
c.
Aspek menggambarkan
suasana kerja yang familiar
d.
Ruangan yang artistik
e.
Lingkungan
yangmeningkatkan hasil kerja
f.
Keserasian dari tata
letak pencahaan, prilaku, sistem yang familiar dapat meningkatkan pengembangan
organisasi.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar